Mata adalah indra penglihatan yang memiliki komponen optik yang berperan dalam proses penglihatan manusia. Salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting dalam hidup manusia  adalah mata.

Maka dari itu, menjaga kesehatan mata itu sangat penting. Tanpa Kita sadari banyak kebiasaan-kebiasaan buruk Kita yang bisa berbahaya bagi kesehatan mata.

Ini dia 7 kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan mata:

1. Minuman Berkalkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol terlalu sering dapat mempengaruhi penurunan kinerja visual, reaksi pupil yang lambat, mata kemerahan, penurunan sensitivitas kontras, hingga sering mengalami migrain.

2. Merokok
Salah satu efek buruk dari merokok yaitu berpengaruh pada mata. Rokok mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menyerang syaraf-syaraf makula (salah satu bagian dari retina).

3. Beraktivitas di luar ruangan
Sering beraktivitas di luar ruangan bisa menyebabkan mata iritasi bahkan bisa menjadi pemicu katarak loh. Hal ini terjadi karena tanpa disadari debu dan sinar matahari masuk ke dalam mata.
Untuk mengurangi resiko iritasi mata hingga katarak, kamu bisa menggunakan sunglasses dan menggunakan tetes mata jika mata kamu terkena debu.

4. Berenang
Air yang terkandung dalam kolam renang mengandung kaporit yang bisa menimbulkan iritasi pada kornea mata. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, bisa berakibat buruk terhadap fungsi dan kesehatan mata. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan pelindung mata pada saat berenang atau yang biasa disebut kacamata renang.

5. Bekerja di depan layar komputer
Pekerjaan mewajibkan Kamu untuk duduk dan bekerja di depan komputer selama berjam-jam. Efek sinar biru yang dihasilkan layar komputer bisa membuat kerusakan pada mata Kamu.

6. Menonton Televisi
Efek sinar biru tidak hanya di hasilkan oleh komputer saja, televisi juga menghasilkan sinar biru.
Menonton televisi dalam waktu yang lama dan jarak yang terlalu dekat bisa mengalami banyak hal buruk pada kesehatan mata.

7. Bermain gadget
Sinar biru yang dihasilkan gadget lebih parah jika dibandingkan komputer atau televisi. Jadi jika kamu bermain gadget ditempat yang gelap, dengan waktu yang lama dan  jarak yang terlalu dekat pada mata, bisa membuat kerusakan pada mata Kamu.

Kebiasaan buruk yang kamu lakukan secara terus menerus tentunya sangat berdampak buruk pada kesehatan mata Kamu. Ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk melindungi mata agar terhindari dari hal buruk seperti diatas.

Kamu bisa menggunakan teknik 20-20-20, yang berarti setiap 20 menit alihkan pandanganmu dari layar tv, komputer, atau gadget, lalu Kamu menatap ke titik lain selama 20 detik dengan jarak 20 kaki.
Selain itu Kamu bisa menggunakan kacamata dengan lensa anti radiasi atau lensa blue light, yang bisa Kamu dapatkan di semua cabang optik99K.

Untuk informasi selanjutnya jangan lupa untuk follow akun @optik99K😍
.
.
Jangan lupa kunjungi optik99K untuk mendapatkan promo kacamata terbaik, optik99K juga merupakan opsi terbaik jika kamu mencari optik terdekat di tangerang dan sekitarnya. Selain banyak promo menarik optik99K juga memiliki berbagai varian kacamata mulai dari kacamata photochromic, kacamata anti radiasi, kacamata baca, sampai kacamata anak✨