Hobi membaca sudah pasti banyak menambah ilmu dan pengetahuan yang di dapat. Menjaga kesehatan mata sudah pasti menjadi prioritas utama agar dapat terus melakukan hobi ini.

Tahukah Kamu, jika membaca dengan posisi, jarak, pencahayaan, dan durasi yang tidak sesuai bisa mengakibatkan kelelahan pada mata hingga gangguan kesehatan mata loh.
Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini yang perlu kamu perhatikan pada saat membaca:

1. Mengatur Posisi
Mengatur posisi yang benar pada saat membaca dapat menghindari mata lelah. Posisi duduk yang baik adalah menempatkan posisi badan tegak dan kaki lurus. Hindari posisi berbaring pada saat membaca.

2. Menjaga Jarak
Menjaga jarak pada saat membaca perlu dilakukan, jarak yang baik dan tepat pada saat membaca adalah 30 cm mulai dari bahan bacaan ke mata. Jika membaca dengan jarak kurang dari itu akan meningkatkan tegangan otot siliaris mata. Hal ini akan berakibat mata lelah dan lensa mata menjadi terlalu cembung dan akan menimbulkan risiko miopia (rabun jauh).

3. Mengatur Pencahayaan
Membaca dengan penerangan yang buruk akan mengakibatkan gangguan akomodasi pada mata dan kontraksi otot siliaris terus-menerus sehingga menimbulkan gangguan refleksi mata. Maka dari itu, pada saat membaca di dalam ruangan Kamu perlu mengoptimalkan pencahayaan dan mengatur intensitas cahayanya.

4. Mengatur Durasi
Pada saat membaca, Kamu perlu memberikan jeda atau istirahat sejenak untuk mata Kamu. Hal ini bertujuan untuk melenturkan otot mata yang tegang dan bisa mengurangi lelah pada mata Kamu.

 

Jangan lupa kunjungi optik99K untuk mendapatkan promo kacamata terbaik, optik99K juga merupakan opsi terbaik jika kamu mencari optik terdekat di tangerang dan sekitarnya. Selain banyak promo menarik optik99K juga memiliki berbagai varian kacamata mulai dari kacamata photochromic, kacamata anti radiasi, kacamata baca, sampai kacamata anak✨