Apa sih sebenarnya sinar biru itu??

Sinar Biru (Blue Light) adalah cahaya yang tampak dengan panjang gelombang pendek, sekitar 415-455 nm dan tingkat energi yang tinggi.

Nah, sumber alami terbesar dari sinar biru ini adalah matahari. Sinar biru juga berasal dari berbagai layar digital seperti, smartphone, layar komputer, televisi dan peralatan elektronik lainnya. Selain itu, cahaya lampu LED juga menghasilkan sinar biru yang cukup tinggi.

Meskipun sinar biru berguna juga untuk tubuh, sinar biru bisa merugikan tubuh jika terlalu berlebihan. Paparan sinar biru yang berlebih menyebabkan gangguan mata seperti kelelahan mata, mata kering, dan lain-lain. Anak-anak dan orang lanjut usia paling rentan dampak sinar biru pada mata.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi paparan sinar biru adalah mengurangi waktu penggunaan gadget. Selain itu, bisa pula dengan memasang filter di depan layar untuk meminimalkan sinar biru.

Akan tetapi, ada pula langkah yang sangat praktis untuk mengatasi bahaya sinar biru yaitu dengan menggunakan lensa kacamata yang memiliki lapisan anti sinar biru. Dapatkan produk lensa anti sinar biru di Outlet Optik99K terdekat.

Semoga bermanfaat.